Pengertian Gagasan Utama Paragraf dan Jenis-jenis Paragraf serta Contohnya

Dalam Artikel ini akan di bahas tentang Gagasan utama paragraf, pengertian paragraf, cara menemukan gagasan utama dalam paragraf, contoh gagasan utama dalam paragraf, Pengertian Gagasan Utama Paragraf, jenis jenis paragraf, contoh paragraf deduktif, contoh paragraf induktif, contoh paragraf campuran, contoh paragraf eksposisi, contoh paragraf narasi, contoh paragraf deskripsi, contoh paragraf persuasi, contoh paragraf analogi, contoh paragraf generalisasi, contoh paragraf argumentasi

Gagasan utama paragraf

Istilah paragraf berasal dari bahasa yunani paragraphos, “menulis di samping” atau “tertulis di samping” adalah suatu jenis tulisan yang memiliki tujuan atau ide.Awal paragraf ditandai dengan masuknya ke baris baru. Terkadang baris pertama dimasukan; kadang-kadang dimasukan tanpa melalui garis baru.

Pengertian Gagasan Utama

Gagasan utama/ide pokok adalah pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak/implisit atau kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya terdapat pada awal atau akhir paragraf.

Ada juga gagasan utama yang terletak yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Bila paragrafnya paragraf campuran, gagasan utamanya ada di awal dan di akhir paragraf.

Ciri khusus kalimat utama adalah memiliki makna paling umumdiantara kalimat-kalimat lain yang terdapat pada paragraf yang sama.

Cara menemukan gagasan utama dalam Paragraf

1. Memahami gagasan utama paragraf

Agar dapat memahami gagasan utama sebuah teks yang terdiri atas beberapa paragraf, maka harus dilatih terlebih dulu dengan memahami gagasan pokok sebuah paragraf.

2. Memahami gagasan utama teks

Dalam sebuah surat kabar atau buku, kalian akan menemukan beberapa teks dengan gagasan utama yang berbedabeda.

Jika tujuan kita membaca hanya sekadar ingin tahu secara sekilas atas artikel-artikel atau berita-berita dalam sebuah surat kabar, maka kita cukup memahami gagasan-gagasan pokok dari artikel-artikel atau teks-teks berita tersebut.

Contoh Gagasan Utama dalam Paragraf

Bacalah paragraf berikut!

Di Jawa Timur angka kematian ibu (AKI) meningkat. Pada 2008, persentase AKI 83,2 per 100.000 kelahiran hidup. Meningkatnya AKI terjadi akibat keterlambatan petugas kesehatan merujuk ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS  Umum dr. Soetomo, mengatakan bahwa kebanyakan petugas kesehatan di kelurahan atau di kecamatan memberi rujukan ke rumah sakit pemerintah karena pertimbangan biaya. Padahal, banyak rumah sakit swasta yang di lewati pasien ketika dalam perjalanan menuju rumah sakit pemerintah.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
penyebab angka kematian ibu di Jawa Timur meningkat.

Jenis jenis Paragraf dan Contohnya

1. Contoh paragraf argumentasi

“Polusi udara dan lingkungan hampir terjadi di seluruh dunia, bahkan di Indonesia yang terutama terjadi pada kota-kota besar. Kendaraan bermotor yang semakin banyak, asap pabrik dan limbahnya adalah contohnya, yang dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar, seperti udara menjadi kotor dan tidak sehat…”

2. Contoh paragraf deskripsi

“Mahasiswi itu terlihat tinggi semampai dengan balutan kebaya berwarna merah yang membuat kulit badannya yang kuning langsat tersebut nampak semakin cantik. Wajahnya dihiasi mata bulat yang bersinar dan disertai bulu mata yang tebal…”


3. Contoh paragraf eksposisi

“Bantuan untuk para korban musibah gempa yang terjadi di Yogyakarta sampai saat ini belum merata. Keadaan tersebut kemudian melibatkan beberapa wilayah mengalami kekurangan bahan pangan dan alat-alat kebutuhan sehari-hari seperti pada wilayah Bantul dan Muntilan..”


4. Contoh paragraf persuasif

” Penggunaan sayuran organik dalam bahan makanan dirasakan lebih sehat , awet, dan lebih enak. Selain itu, penjualan sayuran organik akan lebih menguntungkan daripada sayuran biasa..”


5. Contoh paragraf narasi

Jenis paragraf mungkin berbeda dengan berbagai jenis pantun dari sisi penulisan dan makna, namun secara umum karya sastra yang baik dan benar tentu menekankan penggunaan paragraf yang sempurna.

“Suatu siang yang terik terlihat gadis itu berjalan dengan mempercepat langkahnya untuk menuju pintu rumahnya seperti ketakutan akan ada yang memergoki kedatangannya. Dengan susah payah pintu rumah pun di buka namun, mukanya berganti dengan rasa terkejut karena lelaki tersebut yang membukakan pintunya..”


Contoh Paragraf Lainnya KLIK disini

Baca Juga : Menemukan Tema dan Pesan Syair

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gagasan Utama Paragraf dan Jenis-jenis Paragraf serta Contohnya"

Post a Comment