Pengetian Pidato dan Cara Menyimpulkan Pesan Pidato yang Didengarkan

Berikut ini adalah pembahasan tentang pidato yang meliputi Menulis Teks Pidato, membuat pidato, pengertian pidato, tujuan penyampaian pidato, cara menulis pidato, cara membuat pidato, struktur pidato, langkah-langkah membuat pidato, contoh pidato singkat, contoh teks pidato singkat, contoh naskah pidato singkat, contoh pidato bahasa indonesia.

Pengetian Pidato

Pidato adalah pengungkapan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Sebelum kalian berpidato di depan khalayak, ada baiknya kalian menyiapkan materi pidato terlebih dahulu. 

Informasi-informasi penting dapat kalian peroleh melalui berbagai macam media dan dengan cara yang berbeda-beda. Jika kalian mencari informasi melalui media cetak, kalian harus melakukan kegiatan membaca. Jika melalui media elektronik, kalian harus melakukan kegiatan mendengarkan.

Mendengarkan di sini dapat berupa mendengarkan sebuah pidato dan akhirnya dapat menemukan hal penting dan pesan dalam pidato.
Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam sebuah pidato adalah:
  1. topik pidato,
  2. permasalahan yang diuraikan dalam pidato,
  3. sebab-sebab timbulnya permasalahan, dan
  4. solusi yang diberikan pembicara.
Gambar

Seperti yang telah kalian ketahui, pidato adalah kegiatan mengungkapkan pikiran secara lisan di hadapan orang banyak. Seseorang yang berbicara tentu mempunyai tujuan tertentu.

Berikut ini beberapa tujuan penyampaian pidato.

1. Memotivasi

Pidato dikatakan memotivasi jika pembicara berusaha memberikan semangat, membangkitkan kegairahan atau menekan perasaan yang kurang baik, serta menunjukkan rasa hormat dan pengabdian.

2. Memersuasi

Pidato dikatakan memersuasi jika pembicara berusaha memengaruhi keyakinan atau sikap mental para pendengar.

3. Melakukan tindakan

Pidato dikatakan mempunyai tujuan melakukan tindakan jika pembicara dalam berpidato menghendaki pendengar untuk bertindak sesuatu.

4. Menginformasikan

Pidato dikatakan menginformasikan jika pembicara ingin memberitahukan atau menyampaikan sesuatu kepada pendengar agar mereka bertambah pengetahuannya.

5. Menghibur

Pidato dikatakan menghibur jika pembicara ingin menggembirakan orang yang mendengar pembicaraannya atau menimbulkan suasana gembira pada suatu pertemuan.

Ada dua hal yang perlu kalian pahami pada materi ini, yaitu simpulan dan pesan. Apa itu simpulan dan apa itu pesan? Baiklah akan kita bahas kedua istilah tersebut.

Simpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, atau alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.

Simpulan adalah pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya.
Simpulan adalah hasil menyimpulkan. Simpulan dapat juga dikatakan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi. Pesan adalah perintah, nasihat, permintaan, atau amanat yang disampaikan lewat orang lain.

Pidato pada dasarnya adalah menyampaikan sesuatu secara lisan kepada orang lain. Tentu saja sesuatu yang disampaikan mengandung pesan, dengan kata lain dalam sebuah pidato pastilah pembicara menyampaikan sesuatu yang berupa pesan atau hal-hal penting.

Poin Penting

Materi tentang menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah maksudnya adalah setelah mempelajari materi ini, peserta didik mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar.

Dengan demikian, peserta didik harus pertama, mendengarkan pidato dengan saksama dan penuh konsentrasi pada materi yang disampaikan pembicara secara utuh; kedua, mencatat hal-hal penting atau hal-hal pokok isi pidato yang didengar; ketiga, meyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar.

Baca Juga : Pengertian dan Langkah-langkah Cara Membuat Naskah Pidato serta Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat

Pengertian dan Contoh Dialog Interaktif serta Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Pengertian, Contoh, dan Langkah-langkah Menulis Paragraf Persuasif

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengetian Pidato dan Cara Menyimpulkan Pesan Pidato yang Didengarkan"

Post a Comment