Pengertian Wawancara dan Cara Berwawancara dengan Narasumber


Berikut ini adalah Artikel yang menjelaskan tentang Pengertian Wawancara dan Cara Berwawancara dengan Narasumber, wawancara, pengertian wawancara, kelebihan wawancara, kelemahan wawancara, tahapan wawancara, contoh wawancara, pertanyaan interview, interview kerja, wawancara kerja, contoh pertanyaan wawancara, tips interview, pertanyaan wawancara, tips wawancara kerja, pengertian wawancara menurut para ahli, pengertian interview, contoh interview, jenis wawancara, definisi wawancara, unsur-unsur wawancara.
Wawancara merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi mengenai suatu hal. Wawancara memiliki unsur-unsur yang harus terpenuhi. Jika salah satu unsur tersebut tidak ada, maka wawancara tersebut tidak dapat dilakukan.

Pengertian Wawancara

Wawancara atau interview adalah suatu cara mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informan atau narasumber. 

Berwawancara dengan Narasumber

Adapun unsur-unsur tersebut sebagai berikut.

  1. Pewawancara atau orang yang mencari informasi yang berkedudukan sebagai penanya.
  2. Narasumber atau informan atau orang yang diwawancarai. Dalam hal ini, narasumber atau informan berkedudukan sebagai penjawab pertanyaan atau pemberi informasi. Narasumber yang diwawancarai biasanya merupakan seseorang yang memiliki keterkaitan dengan perihal informasi yang diperlukan. Dalam hal ini, narasumber dapat berupa tokoh, ahli, atau orang biasa.
  3. Tema atau perihal yang diwawancarakan. Tema sangat berperan dalam kegiatan wawancara. Dalam hal ini, tema menjadi pokok sekaligus pembatasan hal-hal yang dibicarakan.
  4. Waktu atau kesempatan dan tempat.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berwawancara dengan narasumber adalah berikut.

  1. Penguasaan materi, berkenaan dengan tema dan poin-poin permasalahan penting yang akan ditanyakan.
  2. Mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan informasi yang diperlukan.
  3. Mempersiapkan diri secara mental untuk mengantisipasi halhal yang tidak diinginkan, misal: grogi atau nervous.
  4. Mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk berwawancara, misal: alat rekam atau alat tulis.

Berwawancara dengan Narasumber, narasumber, cara berwawancara, berwawancara
Gambar Wawancara

Adapun sebagai pewawancara, kalian harus memahami etika berwawancara. Etika berwawancara di antaranya berikut.

  1. Mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan.
  2. Menggunakan bahasa yang santun.
  3. Menyampaikan pertanyaan secara sistematis dan urut.
  4. Fokus pada materi wawancara.
  5. Tidak menyudutkan narasumber dan tidak membuat tersinggung.
  6. Tidak memancing pertanyaan yang menjurus pada fitnah atau mengadu domba. 
  7. Bersikap objektif dan simpatik.

Dengan berbekal hal semacam ini, kalian akan lebih mudah untuk dapat menanyakan kepada masing-masing pihak (narasumber).

Kebanyakan dari kalian kebingungan harus menanyakan apa kepada narasumber yang berbeda. Hal ini akan dapat teratasi jika kalian telah mempersiapkan tema dan poin-poin permasalahan penting yang akan ditanyakan kepada masing-masing narasumber sebelumnya.
Wawancara atau interview adalah suatu cara mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informan atau narasumber. 
Pertanyaan-pertanyaanyang diajukan biasanya disiapkan terlebih dahulu yang diarahkan pada perolehaninformasi yang diinginkan. Pada pelaksanaannya, pewawancara dapat mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun sebelumnya.

Jika ada informasi yang menarik dan perlu diketahui lebih lanjut, pewawancara dapat mengajukan pertanyaan baru di luar konsep pertanyaan yang telah disediakan.

Kelebihan dan Kelemahan Kegiatan Wawancara

• Kelebihan Wawancara:

  1. Hasil wawancara secara kualitas dapat dipertanggungj awabkan
  2. Mempunyai nilai Yang tinggi
  3. Semua kesalahpahaman dapat dihindari
  4. Pertanyaan yang telah disiapkan dapat dijawab oleh narasumber dengan penjelasanpenjelasan tambahan
  5. Setiap pertanyaan dapat dikembangkan lebih lanjut
  6. Informasi yang diperoleh langsung dari sumber pertama

• Kelemahan Wawancara: 

  1. Data atau informasi yang dikumpulkan sangat terbatas
  2. Memakan waktu dan biaya yang besar jika, dilakukan dalam suatu wilayah yang luas Tahapan dalam Wawancara

Beberapa tahap dalam wawancara, yakni sebagai berikut.

  • Tahap Pendahuluan atau PembukaanTahap ini merupakan tahap awal untuk memberi kesan yang menyenangkan dan untuk menciptakan suasana yang nyaman sehingga kegiatan wawancara berjalan dengan baik.
  • Tahap Kegiatan Tanya Jawab, Tahap ini merupakan tahap selanjutnya setelah suasana untuk wawancara telahmemungkinkan.
  • Tahap Penutup
Baca Juga : Menerangkan Sifat-sifat Tokoh dari Kutipan Novel yang Dibacakan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Wawancara dan Cara Berwawancara dengan Narasumber"

Post a Comment