Pengertian dan Langkah-langkah Cara Membuat Naskah Pidato serta Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat

Berikut ini adalah pembahasan tentang pidato yang meliputi Menulis Teks Pidato, membuat pidato, pengertian pidato, cara menulis pidato, cara membuat pidato, struktur pidato, langkah-langkah membuat pidato, contoh pidato singkat, contoh teks pidato singkat, contoh naskah pidato singkat, contoh pidato bahasa indonesia, contoh pidato perpisahan sekolah, contoh pidato perpisahan kelas 6, contoh pidato perpisahan kelas 6 singkat.

Pengetian Pidato

Pidato adalah pengungkapan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Sebelum kalian berpidato di depan khalayak, ada baiknya kalian menyiapkan materi pidato terlebih dahulu. 

Langkah-langkah Cara Menulis Teks Pidato

Dalam penyusunan teks pidato, hendaknya kata-kata harus jelas, tepat, dan menarik. Hindari kata-kata klise, hati-hati dalam penggunaan kata-kata pungut, hindari vulgarisme dan kata-kata yang tidak sopan. Menurut Keraf (1970:317), agar tidak menyimpang dari apa yang akan dibicarakan,

Berikut ini langkahlangkah yang harus kalian perhatikan dalam menyusun naskah pidato.

1. Menentuan Tujuan Berpidato

Tujuan pidato bermacam-macam, antara lain untuk memotivasi, melakukan tindakan, memberitahukan (instruktif), menghibur (rekreatif), atau membujuk pendengar (persuasif).

2. Menganalisis Pendengar

Menganalisis pendengar ini didasarkan pada tingkat usia, pendidikannya, dan pekerjaannya.

3. Menyusun Kerangka Pidato

Untuk menyampaikan suatu masalah, kerangka pidato harus dibuat dengan urutan berdasarkan penyelesaian masalah.

Struktur Pidato

Berikut ini struktur susunan pidato pada umumnya.

a. Salam Pembuka

Salam pembuka berisi sapaan kepada yang hadir dalam acara tersebut dimulai dari yang paling tinggi kedudukannya hingga yang paling rendah secara berurutan dan salam pembuka.

b. Pendahuluan

Pendahuluan berisi ucapan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa menyebutkan topik pidato yang akan disampaikan (kalau ada).

c. Isi Pokok

Menulis Teks Pidato, pidato bahasa indonesia, cara berpidato, cara membuat pidato bahasa indonesia, cara pidato, pidato b indonesia, berpidato, pidato bhs indonesia, apa itu pidato
Pidato. Isi pokok berisi inti dari pidato tersebut.

d. Simpulan

Simpulan berisi kesimpulan dari inti pidato tersebut.

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru;
Yang terhormat para tamu undangan;
Kawan-kawanku Yang berbahagia.

Terlebih dahulu,marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Ya ng Maha Esa Yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-nya kepada kita.Pada kesempatan ini,kita dapat berkumpul pada perayaan Perpisahan kelas 6.

Guru-guru dan Teman-teman,sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di Sekolah ini.Kami mendapatkan ilmu yang tak terhingga.Semuanya berkat Guru-guru yang telah mengajari kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba.Setelah enam tahun kami belajar bersama Bapak/Ibu Guru,saya selaku perwakilan dari kelas enam mengucapkan terima kasih dan ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orang tua kita semua yang telah memberi motivasi kepada kami semua.

Untuk teman-teman semua,meskipun sudah lulus tetapi kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih panjang dan untuk mencapai cita-cita kalian.

Akhir kata,saya dan teman-teman ingin mengucapkan Selamat tinggal sekolah ini dan Kami tidak akan melupakan sekolah ini.

Sekian dari saya.Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga : Pengertian, Ciri-ciri dan Struktur Cerpen beserta Contohnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Langkah-langkah Cara Membuat Naskah Pidato serta Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat"

Post a Comment