Pengertian dan Fungsi Adverbia beserta Contohnya

Berikut ini adalah artikel yang menjelaskan tentang Pengertian dan Fungsi Adverbia beserta Contohnya, Adverbia, Adverb, pengertian adverbia, fungsi adverbia, contoh adverb, Perluasan Frasa Verba dengan: akan, baru, masih, sedang, dan telah.

Perluasan Frasa Verba dengan: akan, baru, masih, sedang, dan telah

Kata atau frasa verba (kerja) dalam penggunaannya dapat diperluas untuk menyatakan efek tertentu dengan menggunakan adverbia (keterangan), seperti sedang, baru, masih, akan, telah, dan sebagainya. Perluasan dengan adverbia tersebut akan menimbulkan efek makna yang lebih tegas.

Pengertian Adverbia

Adverbia adalah kelompok kata yang berfungsi memberikan keterangan pada verba (kata kerja), adjektiva (kata sifat), nomina predikatif (kata benda yang dalam kalimat berfungsi sebagai predikat), dan sebagainya.

Fungsi  dan Contoh Adverbia

Kelompok adverbia tersebut memiliki fungsi sebagai berikut.



Catatan:

Di samping sebagai adverbia, kata baru dapat pula bersifat adjektiva. Sebagai adjektiva, penggunaan baru tampak dalam kalimat berikut.

  1. Rasanya perlu diciptakan jenis olahraga baru yang tepat dan bermanfaat secara optimal bagi para penderita tunanetra. (Artinya, belum pernah ada sebelumnya)
  2. Sampai saat ini, belum ada berita baru tentang hasil pertandingan sepak bola Piala Champion Eropa. (Artinya, belum pernah didengar sebelumnya)
  3. Pengusaha terkenal itu mendirikan gedung baru untuk sarana olahraga para karyawannya.(Artinya, belum lama selesai)
  4. Tahun ini, klub sepak bola Barcelona menggunakan seragam baru. (Artinya, belum pernah dipakai sebelumnya)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Adverbia beserta Contohnya"

Post a Comment