Pengertian Naskah Drama menurut Para Ahli dan Contohnya

Pengertian Naskah Drama menurut Para Ahli dan Contohnya - Naskah drama adalah seni sastra, yang akan berubah menjadi seni drama kalau dimainkan. Bila akan mengadakan pertunjukan drama, yang kalian butuhkan pertama-tama adalah naskah drama. Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian naskah drama menurut para ahli, contoh drama singkat bahasa indonesia.

Pengertian Naskah Drama Menurut Para Ahli

  • Menurut KBBI naskah adalh karangan yang masih ditulis dengan tangan yang belum diterbitkan.
  • Menurut Imam Suryono Drama adalah suatu aksi atau perbuatan (bahasa yunani). Sedangkan dramatik adalah jenis karangan yang dipertunjukkan dalam suatu tingkah laku, mimik dan perbuatan. Sandiwara adalah sebutan lain dari drama dimana sandi adalah rahasia dan wara adalah pelajaran. Orang yang memainkan drama disebut aktor atau lakon.
  • Menurut Molton drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak (life presented in action).
  • Menurut Ferdinand Brunettierre drama haruslah melahirkan kehendak dengan action.
  • Menurut Baltazhar Vallhagen drama adalah kesenian melukiskan sifat dan sikap manusia dengan gerak.
  • Menurut Sendrasik naskah drama merupakan bahan dasar sebuah pementasan dan belum sempurna bentuknya apabial belum dipentaskan. Naskah drama juga sebagai ungkapan pernyataan penulis (play wright) yang berisi nilai-nilai pengalaman umum juga merupakan ide dasar bagi actor.
Berdasarkan pengertian diatas naskah drama dapat diartikan suatu karangan atau cerita yang berupa tindakan atau perbuatan yang masih berbentuk teks atau tulisan yang belum diterbitkan (pentaskan).

Drama Singkat Bahasa Indonesia



Demikianlah pembahasan kita tentang pengertian drama, pengertian naskah drama menurut para ahli dan contoh drama, contoh drama singkat. semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga : Naskah Drama: Pengertian, Jenis, Unsur, dan Ciri-ciri Drama

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Naskah Drama menurut Para Ahli dan Contohnya"

Post a Comment